Berita Nagari Manggopoh

“Karang Taruna Nagari Manggopoh & Mahasiswa KKN UNAND-UNHAS adakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa SMP&SMA Se-Derajat Se-Nagari Manggopoh tahun 2017”

Manggopoh - Jumat (4/08/17), Nagari manggopoh melakukan suatu gebrakan baru dengan mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan / LDK. LDK adalah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan dasar yang diberikan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada calon Pemimpin serta remaja dan pemuda penerus bangsa. Kegiatan yang dilakukan di nagari manggopoh ini merupakan suatu gagasan baru yang dilakukan oleh Karang Taruna nagari manggopoh beserta dengan Mahasiswa KKN Unand-Unhas. Terciptanya Latihan Dasar Kepemimpinan ini berawal dari hasil bincang-bincang santai antara mahasiswa KKN Unand-Unhas dengan Pemuda Karang Taruna Nagari Manggopoh. Karang Taruna beserta mahasiswa KKN Unand-Unhas mengadakan LDK di nagari manggopoh dengan tujuan menciptakan pemimpin-pemimpin baru yang berkualitas di nagari manggopoh ini. Latihan Dasar Kepemimpinan diadakan selama 3 hari 2 malam dengan sistem karantina. Pelatihan ini diadakan dari tanggal 4-6 Agustus 2017. LDK yang diadakan dinagari manggopoh ditujukan kepada seluruh perwakilan Siswa SMP&SMA Se-Derajat Se-Nagari Manggopoh. LDK yang diadakan ini juga mendapat dukungan besar dari Wakil Bupati Agam, Bapak Trinda Farhan Satria, MT DT. Tumangguang Putiah. LDK yang diadakan pertama ini mengangkat tema menganai “ Menciptakan Pelajar Berjiwa Pemimpin yang Berpikir Global Bertindak Lokal, Serta Kritis, Responsif, dan Solutif ”.

Tepat Jumat(4/08/17) pukul 10.00 pembukaan acara LDK diadakan di Aula Kantor Wali Nagari Manggopoh. Pada acara pembukaan tersebut dihadiri oleh banyak tamu undangan diantanya Camat Lubuk Basung (Bapak Drs. Murni Idrus), Wakapolsek Lubuk Basung (Bapak Rezva Leffi), Wali Nagari Manggopoh (Bapak Ridwan, Amd) serta seluruh Wali Jorong, Kepala Sekolah, Bamus, KAN, serta dari pihak Karang Taruna. Diawali dengan pembukaan oleh MC dari Mahasiswa KKN Unand yaitu saudara Anre Khaliq Aswan & Nesa Novita dari Fakultas Kedokteran dan Fakultas Pertanian , acara dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Suci Alquran oleh saudara Abdul Rahman Mahasiswa Unhas dari Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. Kata sambutan yang diawali oleh Ketua Panitia Pelaksana, saudara Muh. Ariefsan Burhanudin dari Unhas Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan memberikan gambaran mengapa LDK ini diadakan di nagari manggopoh. Ketua pelaksana menyampaikan selain memberikan pelatihan dasar terhadap seluruh pelajar manggopoh dan juga menciptakan pemimpin baru nantinya di nagari manggopoh, acara LDK ini juga sebagai langkah awal yang diinginkan Karang Taruna nagari manggopoh dan Mahasiswa KKN Unand-Unhas untuk menciptakan IPM atau Ikatan Pelajar Manggopoh. IPM ini merupakan suatu wadah perkumpulan nantinya bagi pelajar manggopoh. Selain itu, pada kata sambutan Wali Nagari Manggopoh, Bapak Ridwan, Amd juga menuturkan banyak ucapan terima kasih kepada karang taruna dan seluruh mahasiswa KKN Unand-Unhas terhadap gagasan yang dilakukan ini. Beliau berharap acara seperti ini memang dapat bergulir dan target yang diinginkan yaitu IPM nantinya bisa terwujud. Selain itu, Camat Lubuk Basung, Bapak Drs. Murni Idrus dalam kata sambutannya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh sekolah yang sudah mengirimkan perwakilan dan mengucapkan semangat kepada selruh peserta dan harus bersungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan ini. Beliau juga berharap acara seperti ini juga berlanjut nantinya dan dari kegiatan ini lah nantinya lahir pemimpin-pemimpin hebat dan menjadi pengurus awal dari IPM itu sendiri. Di akhir kata sambutan nya, beliau membuka acara LDK ini secara resmi berupa penyerahan kokarde kepada perwakilan perserta LDK. Setelah acara pembukaan, rangkaian acara Latihan Dasar Kepemimpinan ini akan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Mahasiswa KKN Unand-Unhas, pihak Karang Taruna dan juga akan mendapat materi dari Wakil Bupati Kabupaten Agam Bapak Trinda Farhan Satria, MT DT. Tumangguang Putiah.(AKA)

             


Bagikan Berita :